Cara cerdas mendidik anak

Nasib bangsa ini kedepan sangat ditentukan oleh karakter anak anak kita, bayangkan jika smua ibu ibu di Indonesia sangat memperhatikan pola pendidikan anak anaknya karena jika kita ingin berguna untuk bangsa ya mulailah dari yg kecil disekitar kita. Mendidik anak dengan benar juga merupakan tonggak  penentu pola pikir dan sikap anak anak kita di masa depan sehingga bisa terbentuk generasi muda yang berkualitas.

Sebagai orang tua apapun tingkah lakunya akan dilihat oleh anak dan dijadikan contoh perilaku anak,baik yang baik maupun yang buruk sekalipun. Karena pada dasarnya anak berumur dibawah lima tahun rasa ingin tahu dan belajarnya sangat tinggi. Daya ingat bagi anak dibawah lima tahun sangat tajam dan sebagai orang tua sudah layaknya memberikan cotoh dalam kehidupan sehari-hari pada kegiatan-kegiatan yang positif. Sebagai contoh bila orang tua suka membaca, atau suka menulis atau suka berolah raga atau suka menonton film-film barat dan sebagainya,si anakpun cenderung akan mencontohnya. Karena itu berbanggalah orang tua bila bisa melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti tersebut diatas sebagai contoh, nantinya akan menanamkan jiwa pada diri anak untuk suka menulis,menggambar,membaca dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa tips mendidik anak sejak usia dini:

1. Berikan contoh dengan mengajaknya ikut serta pada kegiatan sehari-hari yang positif.

2. Membersih rumah sehabis mereka  bermain-main sehingga anak bisa merapikan sendiri setelah selesai bermain.

3. Membaca buku-buku bacaan, karena buku-buku bacaan bisa sebagai altenatif guru yang baik. Buku sebagai sumber ilmu yang tiada batas,banyak jenis buku yang bisa dibaca dan mebahas berbagai tema dan masalah.

4. Membaca Majalah atau Koran,dengan membaca koran dan majalah akan menambah wawasan pada orang tua sehingga bisa mempunyai wawasan yang lebih luas dan bisa diajarkan.

5. Membaca Kitab Suci.Dengan mendengarkan acaan kitab suci biasanya sianak akan memiliki spiritual yang lebih baik bila dewasa kelak.

6. Menulis, anak akan memperhatikan bila orang tua sedang menulis dan akan menirunya dengan coret-coret, biasanya didinding namun sebaiknya dibuku-buku yang telah disediakan orang tua,sehingga termasuk juga mengajarkan keapian dan kebersihan.

7. Bagi keluarga yang punya halaman berumput, biasanya setiap bulan sekali rumput akan jadi panjang dan tidak beraturan, maka anak bisa diajari juga bagaimana merapikan halaman.

8. Mencuci kendaraan,baik motor maupun mobil bila tidak terlalu kotor bisa dicuci sendiri dirumah, sekaligus mengajarkan anak bagaimana memperlakukan kendaraan.

9. Mengajak kebengkel, biasanya anak akan senang bila diajak ikut serta kebengkel,dan biasanya akan menambah ide bagi si anak untuk lebih mengenal jenis kendaraan bermotor,bisa juga nanti menjadi idola sianak untuk berwiraswasta dengan membuka bengkel dan lain-lain.

10.Berikan contoh untuk mentaati waktu, Yaitu waktu bermain, waktu belajar dan waktu tidur. Biasanya anak dibawah lima tahun memerlukan waktu tidur lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa.Sehingga sebagai orang tua terutama Ibu harus bisa mengajarkan waktu-waktu kapan harus bermain dan kapan harus beristirahat. Hal ini dilakukan untuk kesehatan anak itu sendiri.

11. Menghindarkan anak-anak dari hal-hal yang bersifat buruk seperti bertengkar didepan anak-anak, karena dengan bertengkar didepan anak-anak secara otomatis akan memberikan contoh kekerasan dalam keluarga didepan anak, sehingga bisa menimbulkan trauma psikis pada si anak itu sendiri. Membiarkan anak tidak disiplin, kadang didikan keras bisa membuat disiplin pada sianak,dengan dimanja anak tidak bisa mandii dan bertanggung jawab. Memukul anak secara langsung didepan anak-anak yang lain, akan mengakibatkan hilangnya rasa kepercayaan diri si anak. Bila Ayah sedang keras pada anak, dalam arti tujuan mendidik si ibu tidak boleh membela si anak, sebab bila dibela si anak tidak akan jera bila melakukan kesalahan. Sebaliknya bila Si Ibu sedang keras pada anak dalam arti mendidik,Sang ayah pun tidak boleh membela kesalahan pada anak. Sehingga terjalin kerjasama mendidik anak yang baik dan seimbang. Jangan berikan tontonan baik berupa film-film kekerasan atau Sinotron drama yang bersifat cengeng dan mendramatisi, untuk menghindari anak dari sifat-sifat yang kurang baik dari dampak yang ditontonya.

12. Sisakan waktu bersama Anak-anak. Ditengah-tengah kesibukan sebagai orang tua sisakan waktu untuk bermain bersama anak-anak ,sehingga timbul rasa kasih sayang sekaligus pembelajaran pada anak.

jadi yuk ciptakan generasi muda yg berkualiatas dari rumah anda.

Tinggalkan komentar

Mau Sukses mulailah dari yang Kanan

Semua orang pasti ingin sukses dalam hidupnya tapi seberapa orang yang berani beresiko mengambil pilihan yang bisa mengantarkan mereka menuju kesuksesan.

Banyak interpreneur yang menyarankan jika mau sukses mulailah dari yang kanan. Maksudnya dari kuadran kanan, Anda pasti sudah tau tentang Cashflow Quadran kan. Dimana seluruh mata pencaharian didunia digolongkan dalam 2 kuadran yaitu kuadran kanan dan kiri. Kebanyakan orang berada dikuadran kiri. Yang termasuk kuadran kiri adalah Pegawai, dan mereka yang punya keahlian khusus. Sedikit orang yang berada dikuadran dengan menjadi pengusaha, ato bisnis independent. Tapi para orang sukses dunia menyarankan hal ini, jika betul betul ingin sukses, mulai dari kanan. Tapi modalnya gede untuk bukan usaha, lalu banyak yang mengeluh saya tak punya keahlian. Hoho buka mata anda untuk pecaya hal ini. Bahwa smua orng bisa sukses jika dia mau merancang kesuksesannya, dan untuk sukses tidak muthlak harus punya modal besar, masih ada alternatifl lain. Sekarang banyak  anak anak SMA dan kuliahan yang sudah memiliki penghasilan hingga jutaan bahkan belasan rupiah, yuk deh kita buka mata ternyata diluar sana banyak sekali pekerjaan yang lebih menghasilkan asal kita maw mengambil peluang yg ada. Modal bukan yg utama, tapi niat, usaha yg keras  bisa mengantarkan kita meuju kesuksesan yg tdk mungkin kita capai dengan kondisi monoton dengan penghasilan sama tiap bulan. Apa sih profesi itu? Network Marketing bisa jadi pilihan tepat buat Anda, karena ini ternyata adlah bisnis kebaikan karena disini kita bisa membantu banyak orng yg tidak mampu buka usaha, terbatasnya modal, bisa merauomzet hingga puluhann juta tiap bulanya

menjamamurnya sistem network marketing mungkin bisa membuat anda bingung, jadi harus pintar dan selektif memilihnya. Network yang harus anda ikuti adalah yang memiliki produk yang bagus, sistem yang support, dan Oriflame salah satu Network Marketing yang mendapat award sebagai network dengan distribusi no 1 di dunia. konsultannya juga sangat banyak tersebar diseluruh negara dengan penghasilan yang cukup besar. Jika banyak orang memilih Oriflame bagaimana dengan Anda??

2 Komentar

Wajah Cantik Bebas Komedo

Kulit wajah kasar karena komedo, bisa bikin gak pede ya. Tapi hal itu bisa dihilangkan dengan cara yg lebih alami. Tapi kenapa sih bisa mumcul komedo, menurut para ahli, komedo merupakan tahap pertama dari jerawat sebelum bakteri masuk ke pori-pori kulit yang menyebabkan infeksi atau peradangan. Masalah ini biasanya mulai ada setelah masa remaja, ketika hormon mulai mempengaruhi tubuh dan kulit. Kelebihan hormon ini mengakibatkan stimulasi dari kelenjar minyak, sehingga produksi minyak berlebih di pori-pori kulit. Kelebihan minyak tersebut semakin lama akan menutup pori-pori dan ketika terkena udara akan menjadi hitam. Komedo bisa muncul pada semua jenis kulit, namun lebih banyak terjadi pada kulit berminyak.

Ikuti beberapa tips alamiah berikut ini, seperti dikutip dari eHow, Rabu (12/8/2009):

  1. Cucilah muka dengan campuran air garam, tambahkan satu sendok makan garam dengan 8 ons air hangat. Garam akan membantu mengurangi minyak yang berlebih, dan menghilangkan komedo.
  2. Ambil sedikit pasta gigi dan usapkan pada bagian yang berkomedo. Ini akan membantu mengurangi peradangan akibat komedo dan mengurangi kadar minyak berlebih, pastikan yang digunakan adalah pasta gigi bukan gel.
  3. Peras jeruk atau lemon dan usapkan perasan tersebut ke daerah komedo, lalu biarkan semalaman. Asam dari lemon tersebut membantu mengurangi minyak di kulit.
  4. Campurkan kulit dasar jeruk dengan air hingga menjadi pasta, tapi jangan terlalu banyak menambahkan airnya karena akan menjadi encer. Aplikasikan pada daerah yang terinfeksi dan biarkan semalaman.
  5. Aplikasikan lidah buaya pada komedo, bisa dengan cara dibuat jus atau langsung mengaplikasikannya dari tanaman. Selain itu lidah buaya juga bisa membantu proses penyembuhan lebih cepat.
  6. Menggosok daerah berkomedo dengan batu es selama 10 menit, ini akan membantu mengencangkan atau menutup pori-pori dan mencegah debu atau mengurangi tempat untuk minyak tetap tinggal dikulit.
  7. Campurkan satu putih telur dengan satu sendok makan madu dalam mangkuk hingga rata. Usapkan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air hangat-hangat kuku. Campuran ini efektif untuk menghilangkan dan mencegah komedo.
  8. Campurkan lobak tanah dengan air hingga membentuk pasta. Usapkan campuran tersebut ke wajah dan biarkan selama 30 menit lalu bilas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukanlah secara rutin seminggu sekali.

Dengan menggunakan cara yang alami, jadi Anda tidak perlu takut terhadap efek samping yang akan ditimbulkan karena tidak mengandung zat kimia apapun. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

ASI berkurang untuk anak kedua cuma MITOS

Banyak tidaknya ASI ternyata sangat tergantung si Ibu, banyak yang bilang kalo anak ke dua kuantitias asi akan mulai menurun. Jika si Ibu meyakini hal ini, otomatis asinya juga akan menurun kenapa bisa begitu? ini tips dari para ahli.

1. Tingkatkan frekuensi menyusui/memompa/memeras ASI.

Jika anak belum mau menyusu krn masih kenyang, perahlah / pompalah

ASI. Ingat ! produksi ASI prinsipnya based on demand sama spt prinsip

pabrik. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka makin

banyak yg ASI yg diproduksi.


2. Kosongkan payudara setelah anak selesai menyusui.

Makin sering dikosongkan, maka produksi ASI juga makin lancar.

3. Yg tidak kalah pentingnya : ibu harus dalam keadaan RELAKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan keberhasilan ASI eksklusif. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI peras saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun. Relaks saja ya bu. peran besar sang ayah juga sangat luar biasa.Jika ayah mendukung maka ASI akan lancar.Mendukung bisa dg berbagai cara mulai dari menyemangati istri hingga hal2 lain spt menyendawakan bayi setelah menyusu, menggendong bayi utk disusukan ke ibunya, dsbnya.

4. Hindari pemberian susu formula.

Terkadang karena banyak orangtua merasa bahwa ASInya masih sedikit atautakut anak gak kenyang, banyak yg segera memberikan susu formula. Padahal

pemberian susu formula itu justru akan menyebabkan ASI semakin tidak lancar. Anak relatif malas menyusu atau malah bingung puting terutama pemberian susu formula dg dot. Begitu bayi diberikan susu formula, maka saat ia menyusu pada ibunya akan kekenyangan. Sehingga volume ASI makin berkurang. Makin sering susu formula diberikan makin sedikit ASI yg diproduksi.

5. Hindari penggunaan DOT, empeng, dkknya

Jika ibu ingin memberikan ASI peras/pompa (ataupun memilih susu formula) berikan ke bayi dg menggunakan sendok, bukan dot ! Saat ibu memberikan dg dot, maka anak dapat mengalami BINGUNG PUTING (nipple confusion). Kondisi dimana bayi hanya menyusu di ujung puting seperti ketika menyusu dot. Padahal, cara menyusu yang benar adalah seluruh areola (bag. gelap di sekitar puting payudara) ibu masuk ke mulut bayi. Akhirnya, si kecil jadi ogah menyusu langsung dari payudara lantaran ia merasa betapa sulitnya mengeluarkan ASI. Sementara kalau menyusu dari botol, hanya dengan menekan sedikit saja dotnya, susu langsung keluar. Karena itu hindari penggunaan dot dsbnya.

6. Datangi klinik laktasi. Jangan ragu untuk menghubungi atau konsultasi dg klinik laktasi. Disana ibu dan ayah mendapatkan masukan secara teknis agar ASI tetap optima.

7. Ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan bergizi.

8. Lakukan perawatan payudara : Massage / pemijatan payudara dan kompres air hangat & air dingin bergantian.

Tinggalkan komentar

Berdamai dengan sakit, menikmati penyakit

Judulnya  agak lebay ya … karena saya ingin mengajak teman teman selalu ingat bersyukur saat sehat, kadang saking asiknya kerja kita lupa bahwa kesehatan luar biasa pentingnya dalam menjalani hari hari kita. Saat ini saya sedang sakit dan mencoba menimati rasa sakit ini karena mau tidak  mau saya harus menerima sakit ini karena gak mungkin dunk kita tolak ya sudah ikhlaskan saja. You must live with it, not avoid it.

Ibu asuh suami saya, beliau sudah sangat tua, profesi seorang bidan, tapi sudah pensiun, dan suaminya adalah seorang dokter. Di kampung suami, beliau orang terkaya dan paling dihormati karena senang membantu orang lain dan tidak sombong. Dimata saya yang paling menggelitik justru kesehatannya, bukan kekayaannya. Meski mereka berdua tampak sehat sehat saja, tanpa tongkat, meski hampir memasuki S3 alias Sudah Sangat Sepuh, ternyata mereka juga menyimpan “sakit tua”  tetapi mereka tampaknya berhasil memanage- nya. karena mereka selalu positif, sering bercanda dan selalu menyempatkan jalan jalan ringan disekitar komplek perumahan doter itu.

Bagi orang yang berusia diatas 50 tahun, penyakit ppada beberapa organ tubuh adalah sesuatu yang lumrah dan alamiah.Seperti sakit jantung, asam urat diabetes dan lain lain. Mau dihilangkan? ah mana mungkin, jadi masuk akal banget hidup bersama penyakit tersebut, maksudnya me-manage penyakit itu agar tidak bertambah parah dan tidak mempengaruhi organ yang lain. that’s all, bayangkan kalo mereka khawatir sepanjang hari, bisa jadi kesehatan mereka tambah buruk, ya kan

Suka atau tidak dengan sakit yang kita alami, tidak ada pilihan lain, you must live with it, not avoid it


Tinggalkan komentar

Enaknya jadi Diamond Director di Oriflame

Hari ini hari yang luar biasa buatkoe…. membuat jantungkoe berdegup sangat kencang, karena hari ini tanggal 22 Januari 2011 akoe menghadiri acara lounching Komunitas Oriflame Indonesia, dimana 6 Diamond Director Oriflame Indonesia yaitu Ivan Suryanata, Ibu Anastasia Dewi, Oktavianus Yudistira, Ida Ayu Putri Kusuma Dewi/IB Krismantara, Ir. Oei Ifan, Ibu Shelly Handjojo, bersatu dalam satu wadah besar mengemban satu visi yang sama yaitu membantu para consultant oriflame yg belum menjadi diamond agar bisa meraih peringkat yg sangat bergengsi ini. Seru banget, yang bikin akoe deg degan karena para Diamond yang keren keren itu bisa kuliat nyata didepan matakoe, nggak cuma dinews letter, otomatis auranya bisa membias ke akoe secara salah satu resolusi terbesarkoe tahun ini yaitu menjadi Diamond yess🙂

Acara Meet and great with 6 Diamond Director ini berlangsung heboh dan pesertanya smua semangat dan tercermin dari antusiasnya mereka menyimak tiap kalimat motivasi yg terlontar dari para Diamond ini. Mulia banget mereka sangat peduli dengan kita yang bukan downline mereka tapi mereka bersedia memikirkan kita, akoe gak mw lewatkan peluang ini (jarang ni ada orang yg kayak gini, tidak hanya memikirkan grup sendiri).

Mupeng banget ngeliat para Diamond ini, enaknya kalo jadi Diamond Director kita dapat cash award pertama kali Rp. 42.000.000,- lalu gaji tetep dapet Rp. 30 jutaan perbulan, perjalanan gratis keluar negeri tiap tahun dua kali wooow, yang keren baanget dapet Honda All New CRV gratis tis tis !!!!

Na buat yang ngiler pengen itu smua nih saya rangkum tips n trik mereka bisa menjadi Diamond Director

Pembicara pertama ibu Anastasia soerang ibu rumah tangga yang tinggal di sebuah kota kecil yaitu Pati katanya dekat Kudus, beliau mengingatkan kita jika ingin menjadi diamond maka kita tidak bisa sendiri, kita harus bekerjasama dengan team kita, dan kita harus berani merubah lingkungan kita kearah positif salah satunya dengan cara bersikap jujur. Hal terpenting yang diperlukan untuk menjadi seorang Diamond :

1. Anda harus berani bermimpi menjadi seorang Diamond

Orang besar punya mimpi besar, orang kecil punya mimpi kecil. Ada cerita tentang anak anak sekolahan yang diberi tugas oleh gurunya membuat gambar tentang impian mereka. Salah satu anak membuat sebuah gambar rumah mewah dengan kolam renang. Namun ia dipulangkan oleh gurunya karena gurunya marah lantaran anak ini punya impian yg terlalu besar, “orang tuamu kan miskin, jadi kamu gak mungkin bisa punya rumah sebagus ini”.Lalu sang Guru pun meyuruh mengulang membuat impian. Besoknya murid ini datang kembali menyerahkan gambar rumah yang sama. Lagi pak Gurunya marah dan menyuruhnya pulanng mengulang gambar impiannya. Dan keesokannya si murid kembali datang menyetorkan gambar rumah yang sama. Akhirnya sang Guru pun kesal dan memberi nilai 4. tahun berganti tahun, suatu hari Sang Guru mendapat undangan perhelatan kerumah didaerahnya, dan guru inipun sangat terpukau melihat salah satu rumah mewah yang sangat luas lengkap dengan kolam renangnya, dan sang guru pun masuk kedalam rumah itu. Betapa terkejutnya Guru itu begitu melihat ada sebuah gambar didinding rumah itu yg sama persis dengan rumah yang ia masuki dan lebih kaget lagi digambar itu ada angka 4 yang dibulati yang pernah ia tulis sendiri.Jadi jangan remehkan kekuatan impian karena dimata Tuhan tidak ada yang besar atopun kecil, hnya manusia yang menyebutnya kecil ato besar, jadi tidak ada yang tak mungkin jika Tuhan memutuskan.

2. Komitmen

memiliki impian saja tidak cukup, ada harga yang harus kita bayar, jadi sukses pun tidak gratis, kita harus berani bayar harga yaitu komitmen. Komitmen pada diri sendiri, komitmen pada keluarga dan orang ornag yang kita cintai, beserta bisnisnya, dan yang paling penting komitmen pada Tuhan dan sesama

3. Step yang terpenting yaitu Anda harus ACTION!!

Tuhan mempercayakan nafas disetiap detik kehidupan kita, maka tiap detik itu sangatlah berharga, sehingga untuk membuatnya bernilai maka BERTINDAKLAH!!!!!

 

2 Komentar

Komitmen koe di bisnis ini….

Sukses memang tidak mudah, perlu proses dan perjuangan. Tapi selama kita selalu berusaha, pasti akan berhasil meraih impian kita betapapun besarnya. Banyak sekali dari kita kadang sudah merasa puas dengan keadaan skarang karena ketidak tahuan bahwa diluar sana masih banyak sekali peluang untuk menjadi pribadi yang lebih manfaat untuk banyak orang, bukan hanya diri sendiri. Dan akoe berkomitmen dibisnis Oriflame ini karena koe tau bahwa disini paling muda u mengantarkan ku menuju impian. Ada yang punya impian tapi masih takut bermimpi, takut jatuh mungkin? buang dech jauuh jauh rasa takutmu toh cuma mimpi aja karena impian itulah yg menjadikan motivasi kita untuk berkarya. Apapun keinggian kita, impian kita , doa kita secara terus menerus maka akan mewujud menjadi kenyataan dalam hidup kita. seperti yang dikatakan dalam hukum The Law of Attraction.

Sobat,pernah gak befikir mereka kok enak ya hidupnya, saya sudah capek capek kerja masih ajaa kehidupannya kayak gini…. ternyata jangan salahkan kehidupan kita terus terusan begitu nggak ada perubahan, karena kita terus mengeluh, keluhan itu doa lho, jadi jauh jauuh dech mengeluh…

untuk sukses tidak harus punya modal besar, berpendidikan tinggi, tapi kalo punya kemauan besar, saya yakin apapun itu tidak peduli kendala sprti apa, persoalan sebesar apapun pasti tidak akan menciutkan nyali oriflamers yang mw sukses dibisnis ini… sudah ada bukti, tinggal duplikasi orang2 sukses apa yang mereka lakukan astungakare nyampe dah dilevel yang kita inginkan

sukses n go diamond

Tinggalkan komentar